Ini Dia Denda Tilang Bagi Para Bikers Pelanggar Lalu Lintas !

Pelanggaran lalu lintas saat ini sudah menjadi salah satu budaya yang seringkali ditemui di jalan raya. Banyak pengendara melakukan pelanggaran lalu lintas dengan alasan yang beragam. Padahal sudah bukan rahasia umum lagi, denda tilang untuk setiap pelanggaran lalu lintas, cukup besar. Sebagai contoh, jika kita sebagai Bikers tak menyalakan lampu utama di siang hari, maka denda tilang sebesar Rp. 100 ribu sudah menanti.

Nah, Supaya lebih jelas apa-apa saja tilang berikut dendanya… Berikut sejumlah sanksi / denda pelanggaran lalu lintas terkait pengendara sepeda motor berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan seperti yang pernah dijelaskan Traffic Management Centre Polda Metro Jaya:

1. Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp. 1 juta (Pasal 281).

2. Setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM, namun tak dapat menunjukkannya saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp. 250 ribu (Pasal 288 ayat 2).

3. Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp. 500 ribu (Pasal 280).

4. Setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp. 250 ribu (Pasal 285 ayat 1).

5. Setiap pengendara sepeda motor yang melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp. 500 ribu (Pasal 287 ayat 1).

6. Setiap pengendara yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp. 500 ribu (Pasal 287 ayat 5).

7. Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp. 500 ribu (Pasal 288 ayat 1).

8. Setiap pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp. 250 ribu (Pasal 291 ayat 1).

9. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp. 250 ribu (Pasal 293 ayat 1).

10. Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp. 100 ribu (Pasal 293 ayat 2).

11. Setiap pengendara sepeda motor yang akan berbelok atau balik arah tanpa memberi isyarat lampu dipidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp. 250 ribu (Pasal 294).

Nah sudah jelas kan biaya denda tilang pengendara sepeda motor yang cukup besar tersebut ? Oleh karena itu, Yuk kita tertib lalu-lintas !

Advertisements

Please Give Your Comments...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s