Tips Ringan Untuk Memaksimalkan Pengereman Motor !

Rem, adalah part vital yang harus ada di motor kesayangan kita. Tanpanya, wah… pasti sudah nggak kebayang deh serem nya aktivitas riding kita bersama tunggangan kesayangan. Nah, untuk menjaga fungsinya tetap oke dan maksimal, yuk kita rawat rem motor kita. Berikut adalah sedikit Tips Ringan Untuk Memaksimalkan Pengereman Motor !

– Pastikan kadar minyak rem dalam ukuran yang cukup, dan dalam keadaan prima. Supaya maksimal, Gantilah minyak rem setahun sekali. karena minyak rem sifatnya sangat higroskopis atau menyerap air, dan kandungan air di dalam minyak rem sangatlah mengurangi kinerjanya.

– Periksa kondisi Master Rem & Kebersihan area pengereman. Karena master rem yang sudah aus, pasti bakal mengakibatkan tuas handle rem depan jadi keras banget tuh ! Sementara itu, Kebersihan area pengereman juga sangat penting, Mengingat kotoran pasti menggangu kinerja Kaliper cakram

– Pakai ban yang memiliki grip lebih baik, Karena grip ban yang baik tidak hanya berguna untuk akselerasi atau saat cornering saja, tapi juga mempengaruhi untuk saat terjadi pengereman.

– Gunakan kampas rem yang sesuai untuk peruntukannya. Apabila Bro & Sist sering “bereksperimen” dengan mengganti kampas rem yang menggunakan part dari motor lain, Pertimbangkan kualitas material, kecepatan dan berat motor tersebut dibanding motor kesayangan kita. Contohnya, Apabila kita hendak  mengganti kampas rem milik motor “X”…Maka pertimbangkanlah bobot serta kecepatan yang dmampu digapai motor “X” tersebut. Kalau ternyata motor X lebih pelan dan lebih ringan bobotnya, Maka kemungkinan besar penggantian tersebut malah bakal menyusahkan kita tuh.

– Jika pengereman di motor kita masih dirasa kurang, Cobalah cari Piringan Disc Cakram yang punya diameter lebih lebar. Dengan diameter lebih lebar, Otomatis area gigitan kampas dalam 1 putaran roda juga semakin besar, yang nantinya bakal berpengaruh juga saat pengereman. Dan satu hal yang perlu diingat lagi, Gunakan brand yang sudah ternama dan terbukti berkualitas ya. Karena saat ini banyak piringan cakram yang bermaterial buruk dijual di pasaran.

– Kalau masih kurang juga, Kita bisa melakukan opsi yang terakhir yaitu dengan upgrade ukuran kaliper dan master rem ! Namun, satu hal yang perlu diperhatikan, Lagi-lagi jangan asal beli yang kualitas abal-abal ya. Gunakan penyedia kaliper branded semisal Brembo, Nissin, Tokico, dll.

Sementara itu, Untuk sektor rem belakang, Rem standart sudah sangat lebih dari cukup kok !Hal ini lantaran yang paling berpengaruh saat pengereman, apalagi Panic Brake, adalah Rem Depan. Penggunaan rem belakang yang terlalu pakem dan berlebihan justru sangat beresiko slide, yang bisa berujung ke kecelakaan. Nah Demikianlah tadi sedikit Tips Ringan Untuk Memaksimalkan Pengereman Motor Kesayangan kita. Semoga bermanfaat ya !

Advertisements

Please Give Your Comments...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s