Pengguna Motor Gede Kini Harus Punya SIM Khusus Moge !!

Rencana baru dari aparat kepolisian Indonesia, menyebutkan bahwa Surat Izin Mengemudi (SIM) pagi para pengguna sepeda motor nantinya akan diberi perbedaan tuh ! Rencananya, Kepolisian sedang menyiapkan SIM khusus bagi para pengendara motor gede (moge), yang bakal beda dengan SIM pengguna motor biasa !!

Ini berarti, Para pemilik moge yang kini mulai sering sliweran di jalanan tanah air, diharuskan “mengupgrade” SIM C nya ke SIM khusus untuk para user moge. Rencana ini menurut Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri (Kakorlantas), Irjen Pol Condro Kirono akan segera ditetapkan dalam waktu dekat. Malah kabarnya peraturan ini sedang dipersiapkan untuk tahun 2016, alias tahun depan lho !

Kabar ini terendus media saat pak Condro Kirono sedang menghadiri peresmian safety riding center Astra Motor di Yogyakarta, Jumat 8/5/2015 ini. Rinciannya adalah bahwa SIM bakal menjadi tiga kategori disesuaikan dengan kapasitas mesin. Mulai dari yang kapasitas mesin terendah di bawah 250cc, lalu kapasitas mesin 250 cc hingga 500 cc, dan terakhir pastinya bagi para user moge yang kapasitas mesin kuda besinya di atas 500cc.

Kalau dirunut-runut, Ini tentu akan menjadi mirip dengan kasus yang ada di Amerika & Beberapa negara eropa lainnya. Dimana diharuskan ada penjenjangan bagi rider, untuk terlebih dahulu menguasai motor kapasitas kecil, sebelum “naik kelas” ke Moge dengan kapasitas mesin jauh lebih besar.

Wah, Semoga jadi makin safety kaya di Luar Negeri deh !

Advertisements

Please Give Your Comments...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s