Upgrade Performa Skutik Tanpa Bore Up ? Bisa !

Bikin akselerasi skutik kesayangan jadi responsif dan bertenaga banyak caranya ! Tapi, bagaimana caranya membuat  tarikan skutik itu makin ngacir tanpa harus menaikkan kapasitas mesin alias bore-up? Tentu saja bisa dong Bradsis! Kalau memang ingin mesin standar ting-ting karena takut jebol, atau biar nggak nginep lama di bengkel, bisa upgrade pada sektor CVT aja. Mau tau caranya ? Yuk, kita bahas bareng !

Yup, CVT adalah bagian penggerak yang menghubungkan roda belakang & mesin di skutik. Bagian ini nih, yang punya andil besar terhadap performa skutik kesayangan. Karena di bagian cvt ini, loss power banyak dialami roda tuh Bradsis ! Nah, Cara meningatasi loss power di bagian ini, di antaranya dengan ganti Roller yang lebih ringan dibanding standar. Tujuannya ? Supaya bukaan awal saat menggeber gas jadi lebih enteng dan lebih responsif ! Namun, jangan terlalu ekstrim ya ! Karena jika makin ringan, cara ini justru membuat top speed jadi loyo.

Jadi tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau mau akselerasi sedikit meningkat tanpa mengorbankan top speed, kecilin sedikit ukurannya ! Tapi kalau kejar akselerasi stop & go kaya di kota besar, ya tinggal entengin aja rollernya 4-5 gram dari ukuran standar. Lanjut, Biar kinerja roller makin maknyus, jalur atau rumah roller dikerok.

Selanjutnya, Bradsis bisa ganti sliding shave alias puli depan. Kemiringan puli depan skutik standar ting-ting biasanya diangka 14 dan 15 derajat. Agar V-belt cepat bergerak, para mekanik banyak yang memapas atau pakai produk aftermarket, yakni 13,5 atau 14 derajat. Kalau pilih memapas puli, papas 1 mm pada dinding puli depan bagian bawah atau di atas lubang bos. Tujuannya agar posisi belt berada di bawah dan bikin tarikan lebih cepat.

Untuk mengimbangi agar power di kitiran atas tak cepat habis, bagian puli belakang juga dioptimalkan. Bradsis bisa pilih kampas ganda yang lebih panjang. Tujuannya ? Bukaan kampas ganda bekerja semakin cepat kalo bidang kampas tersebut lebih panjang. Sehingga kampas ganda langsung menekan atau menempel dimangkok kampas. Terakhir, Pemasangan komponen tersebut bisa diimbangi dengan ganti per CVT yang ukuran maksimal 1.500 rpm. Lebih dari itu, tarikan jadi kayak selip alias tertahan !

Advertisements

Please Give Your Comments...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s