Tak Mau Kalah, Suzuki Juga Kembangkan Mesin VVT di V-Strom !

Sistem Valve Timing sepertinya memang sedang menggema untuk produk otomotif nih. Setelah sebelumnya ada Yamaha NMAX dengan VVA nya… Kali ini kabar berikutnya datang dari sesama Pabrikan Jepang, Suzuki, yang berencana memperbarui mesin V-Strom 1000 dengan tambahan Variable Valve Timing (VVA). . .

Yup, Beragam teknologi yang akrab ditemui di mobil, sepertinya bakal menurun ke sepeda motor tuh ya. Selain mencangkokkan supercharger ke mesin sepeda motor, layaknya Kawasaki H2, Teknologi VVT tampaknya lebih menarik dan akan menjadi trend baru bagi pabrikan Roda 2. Suzuki pun bakal ikut menggunakan VVT .
Sumber internal di pabrikan mengatakan, ketertarikan Suzuki dalam penggunaan teknologi tersebut dipicu oleh keberhasilan Ducati membenamkan VVT di motor-motor buatan Italia tersebut. 

Sejatinya, Suzuki sebenarnya telah tertarik untuk mengembangkan teknologi VVT di produknya sejak 2004 silam. Bahkan pabrikan berlogo “S”  tersebut telah mematenkan inovasi mereka yang bernama “Wave-Shaped Camshaft“. Camshaft (Noken-As) anyar milik Suzuki ini, didesain khusus yang beraksi sesuai dengan proses buka-tutup valve (katup).
Kelebihannya, Selain memacu kinerja mesin secara konstan sesuai dengan putaran dan buka-tutup gas, teknologi ala Suzuki itu juga mampu meningkatkan output power mesin hingga 6% loh Brosis. Tak cuma itu, Bahkan yang lebih asiknya lagi, konsumsi bahan bakarnya juga bisa ditekan hingga 20% ! Jadi makin irit & bertenaga deh.

Advertisements

Please Give Your Comments...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s