Premium, Solar & Pertamax Turun Harga, Kini Tak Lagi Disubsidi !

BBM Naik 2

 

Alhamdulillah, kabar gembira hadir untuk kita sebagai Biker nih Brad & Sis. Akhirnya, Lewat Sudirman Said, Selaku Pak Menteri ESDM, Beliau menegaskan bahwa BBM Jenis Oktan 88 yang kita kenal dengan nama Premium,  tidak lagi di subsidi pemerintah. Alias harganya akan mengikuti mekanisme pasar, seperti halnya Pertamax / Pertamax Plus. Dengan demikian, Bensin Premium resmi turun harga menjadi Rp. 7.600 / Liter dari sebelumnya Rp. 8.500 / Liter !

 

Perhitungan harga Premium saat ini, Mengacu pada harga banderol minyak mentah dunia yang kini berada dikisaran banderol US$ 60 / barrel. Meskipun kini Premium tak lagi di subsidi, Namun pemerintah juga mengumumkan  subsidi fixed Rp. 1000 / Liter untuk Solar. Mengapa solar masih disubsidi ? Alasannya, karena solar dianggap masih banyak dipakai oleh para nelayan, moda transportasi umum, dan kegiatan distribusi bahan baku penunjang ekonomi lainnya. Sehingga mulai 1 Januari 2015, Solar menjadi seharga Rp. 7.250 / Liter.

 

Tapi jangan seneng dulu ya Brad & Sis ! Sebab, Harga minyak dunia bukan tidak mungkin akan kembali merangkak naik. Dan bila hal tersebut terjadi, Maka harga Premium yang sekarang bukan tak mungkin akan kembali melonjak naik. Karena memang harga minyak dunia tak pernah stabil trend nya ! Jadi, Bisa saja nantinya Premium menyentuh Rp. 9.000 / Liter kan ?

Trend penurunan harga minyak dunia ini nggak hanya berimbas untuk Premium & Solar aja loh. Bahkan si bensin biru, alias pertamax, juga ikutan kena imbasnya ! Harga pertamax per 1 januari 2015 nanti turun menjadi Rp. 8.200 / Liter, alias turun Rp. 1.250 dari sebelumnya Rp. 9.950 / Liter.

 

 

Yahhh… Apapun modusnya, Semoga saja ini menjadi solusi terbaik bagi rakyat Indonesia, dan telah difikirkan matang-matang oleh pemerintah kita. Masalahnya,  APBN 2015 untuk Subsidi BBM pun menurun drastis, dari sebelumnya Rp. 276 Triliun, Menjadi hanya Rp. 25 Triliun saja ! Semoga saja APBN yang sisa banyak itu mampu digunakan untuk membangun moda transportasi yang memadai, ditambah pelayanan umum masyarakat yang lebih baik lagi. Amin

 

Harga BBM Per 1 Januari 2015 :

 

– Premium : Rp. 7.600 / Liter

– Solar : Rp. 7.250 / Liter

– Pertamax : Rp. 8700 / Liter

Advertisements

Please Give Your Comments...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s